POTENSI BAHAYA DI LABORATORIUM KIMIA

Image result for POTENSI BAHAYA DI LABORATORIUM KIMIA

sepatu safety murah - Laboratorium kimia yaitu tempat dimana ada banyak potensi bahaya yang bisa menyebabkan terjadinya kecelakaan kerja, baik berupa bahan kimia yang berada di laboratorium maupun alat-alat beda yang miliki potensi mengakibatkan bahaya. Ada bermacam tipe laboratorium dengan bermacam manfaat dan faedahnya, namun laboratorium kimia memiliki ciri-khas bahaya yang hampir sama saja dengan tipe laboratorium yang beda.

Potensi bahaya di laboratorium kimia karena ada 3 hal :
1. Bahan Kimia
Bermacam tipe bahan kimia digunakan di laboratorium, banyak satu diantaranya yang memiliki resiko seperti bahan mudah terbakar, mudah meledak, reaktif, tidak stabil, beracun dan korosif. Bahan kimia ini demikian memiliki resiko apabila bereaksi dengan bahan kimia beda yang memiliki grup yang berbeda, selain itu ada pula beberapa bahan kimia yang memiliki resiko apabila bereaksi dengan air ataupun bahan yang beda. Beberapa bahan itu perlu diakukan dengan hari-hati agar tidak mengakibatkan kebakaran, ledakan, keracunan atau problem kesehatan.

2. Analisa dan Teknik Percobaan
Potensi bahaya semkin besar apabila system analisa dan teknik percobaan ditangani, hal seperti ini karena ada system pencampuran antar bahan kimia, pemanasan ataupun melarutkan bahan. Dalam kerjakan pencampuran bahan harus ditangani dengan hati-hati agar tidak mengakibatkan terjadinya kecelakaan. Teknik pencampuran antar bahan seperti asam atau basa pekat dengan air atau pada zat oksidator dengan reduktor harus terselesaikan agar tidak mengakibatkan kecelakaan dan masalah kesehatan.

3. Perlengkapan Pedukung
Banyak perlengkapan pendukung yang digunakan untuk membantu kelancaran system di laboratorium, diperlukan juga beberapa sarana penunjang yang demikian utama keberadaannya di laboratorium. Tidak ada sarana itu kesibukan laboratorium tidak dapat jalan dengan baik. Beberapa fasilitas yang memiliki potensi bahaya itu yakni :

  • Listrik : Banyak potensi bahaya yang dikarenakan oleh listrik seperti kebakaran karena arus pendek, dan potensi bahaya tersetrum yang bisa mengakibatkan karena fatal untuk manusia. 
  • Air : air ini miliki potensi mengakibatkan bahaya apabila berhubungan dengan zat reaktif seperti logam alkali dan senyawa hidrida dapat mengakibatkan kecelakaan.
  • Gas : Beberapa gas seperti asetilen dan hidrogen dipakai jadi bahan bakar dalam perlengkapan seperti kromatografi gas, kebocoran gas dapat mengakibatkan kebakaran jika ada sumber penyalaan api.

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Ceyron Louis

A web designer from India. And then you write some more information about yourself like this to fill out the space that is left.

0 komentar:

Posting Komentar