Cara Mengangkat Beban Berat dengan Baik dan Benar

Image result for Cara Mengangkat Beban Berat dengan Baik dan Benar

sepatu safety murah - Tidak beberapa orang yang mengetahui bagaimana tehnik atau langkah mengangkat barang dengan pas dan benar. Ketidaktahuan ini bisa menyebabkan terjadinya cedera punggung. Cedera punggung bisa berlangsung dimanapun dan setiap saat baik sewaktu bekerja dengan tempat duduk di kursi, mengangkat beban, membawa beban, membungkuk untuk ambil file di laci meja, menyeterika, membersihkan piring di wastafel maupun sewaktu kita tidur.

Sejumlah 80% populasi orang dewasa keadaannya hidupnya rawan akan alami cidera punggung bawah. Cidera ini umumnya dikarenakan oleh kekeliruan dalam tehnik mengangkat satu benda dan pemakaian yang terlalu berlebih. Dengan memakai tehnik mengangkat yang benar dibarengi dengan latihan penguluran dan penguatan, kamu bisa kurangi kemungkinan cidera punggung.

Perhatikan sikap badan yang benar berikut ini :

1. Berdiri : Bila mesti berdiri dalam tempo lama, istrirahatkan satu diantara kaki Kamu dengan bertukaran. Tempatkan satu diantara kaki diatas suatu hal yang letaknya sedikit lebih tinggi dari kaki yang beda. Bila mesti bekerja dalam tempat berdiri, jauhi tempat badan membungkuk atau miring ke samping. Begitu juga sewaktu kamu jalan, untuk wanita jauhi pemakaia sepatu memiliki hak tinggi.

2. Duduk : Pastikan kursi yang bisa mensupport sisi belakang badan Kamu pada tempat yang benar dan nyaman. Cocokkan tempat kursi supaya kaki Kamu bisa menapak di lantai. Kosongkan isi kantong belakang celana Kamu (dompet, kunsi, notes, dsb) supaya tidak mengganggu keseimbangan sisi belakang badan Kamu. Diluar itu keadaan isi dompet yang tebal di kantong celana sisi belakang dapat juga buat nyeri pinggang karena ada desakan pada otot pantat dengan terus-terusan dan desakan yang semakin besar sewaktu kamu tengah duduk.

3. Mengangkat benda : Terdapat banyak tehnik yang dipakai dalam mengangkat dan membawa satu benda yang bisa membuat perlindungan punggung kamu dan bisa menghindar cidera. Bagaimanapun, tehnik paling baik dalam mengangkat yaitu pengangkatan dengan diagonal. Kaki kamu memisah, dengan satu kaki sedikit ke depan dari kaki yang beda. Ini memberi basis penyangga yang lebar, lebih stabil, lebih bertenaga, dan lebih kuat. Tekuk lutut kamu dan berjongkok ; jagalah punggung kamu tetaplah lurus dan kepala kamu juga lurus sepanjang mengangkat. Tempat ini memberi kemampuan yang lebih untuk otot-otot tungkai yang lelih luas dan melindungi keseimbangan punggung kamu.

4. Membawa benda : Yakinkan benda senantiasa melekat pada badan, sepanjang mengangkat dan membawanya. Makin jauh kamu membawa satu benda dari badan kamu, makin memiliki resiko untuk punggung kamu. Janganlah mendadak atau menyentak sepanjang kamu mengangkat dan janganlah memutar atau menyamping. Ini yaitu rutinitas jelek yang mengakibatkan desakan yang lebih untuk punggung kamu, terlebih saat mengangkat dengan berkali-kali, dan akan mengakibatkan cidera yang serius nanti. Saat membawa satu benda, pakai postur yang pas yakni berdiri tegak. Janganlah sangat membungkuk saat jalan. Membawa dengan beban dimuka dan melekat ke badan, namun saat membawa dengan jarak yang jauh, bawalan benda dengan memakai bahu kamu, apabila benda sangat berat, cari pertolongan.

5. Ambil suatu hal dengan berlutut, janganlah membungkuk :

Jauhi membungkuk setinggi pinggang saat ambil suatu hal. Hal semacam ini bisa membuat kemelut pada punggung dan jadi besar kemungkinan cedera.

6. Istirahatlah diatas kasur yang agak keras. Kasur yang sangat empuk bisa buat punggung dalam tempat melengkung, hingga kamu terasa tidak nyaman bila saat bangun tidur. Gunakanlah tempat tidur yang agak keras atau kasur dengan kemampuan pegas yang masih tetap kuat. Bila tidur miring upayakan merapatkan lutut keduanya. Atau bila kemampuanng tempatkan bantal di bawah lutut.

7. Bangun dari tidur. Bila kamu tidur kemampuanng, janganlah segera bangun, namun miringkan dulu badan kamu. Setelah itu bangun lewat cara mengangkat tubuh menyamping hingga tempat kamu jadi duduk diatas kasur. Kemudian pijakkan kaki kamu kelantai untuk bangkit dari tempat tidur.

8. Olah raga. Bersepeda, berenang dan jalan enjoy yaitu olah raga yang begitu disarankan untuk orang yang tengah alami cedera punggung. Karena dalam olah raga itu tidak buat desakan yang terlalu berlebih pada punggung.

Tersebut gambar contoh bagaimana lakukan kegiatan untuk hindari cedera punggung :

1. Tehnik ambil file di laci

2. Tehnik mengangkat barang

3. Tehnik membawa barang

4. Tehnik salah saat mengangkat beban

5. Tempat bangkit dari tidur

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Ceyron Louis

A web designer from India. And then you write some more information about yourself like this to fill out the space that is left.

0 komentar:

Posting Komentar