Belajar Search Engine Optimization (SEO)

Related image

jasa pembuatan website jakarta utara - SEO atau Search Engine Optimization yaitu usaha-usaha mengoptimasi situs untuk mesin pencari agar memperoleh posisi yang lebih baik di hasil pencarian. Mesin pencari memakai algoritma tertentu untuk mengurutkan bebrapa situs berdasar pada rangking. Dengan mempraktekkan SEO, bermakna kita sesuaikan situs kita agar bersahabat dengan algoritma itu.

Kenapa SEO penting untuk situs?

Mulai sejak ada mesin pencari seperti Google, nyaris kebanyakan orang mencari info dengan on-line melalui search engine. Dari data yang dipublikasikan oleh Google, situs yang menempati posisi pertama sampai ke-3 memperoleh keseluruhan click kumulatif sebesar lebih dari 50%, Posisi pertama sendiri memperoleh lebih dari 20%. Ini tunjukkan begitu pentingnya SEO untuk situs kamu, dengan pertolongan SEO kamu dapat memperoleh beberapa ribu sampai beberapa puluh ribu pengunjung sehari-hari. SEO adalah bagian dari inbound marketing yang disebut tehnik marketing moderen di masa digital.

Google (dan mesin pencari beda) yaitu sebuah product. Mereka ingin agar orang yang lain senang memakai layanan mereka. Pemakai inginkan agar situs paling baik yang relevan dengan pencarian keluar di halaman pertama. Oleh karena itu mesin pencari senantiasa ingin menghadirkan hasil paling baik untuk setiap keyword yang dimasukkan pemakai. Jadi inti dari SEO yaitu menjadikan situs kamu yang paling baik untuk keyword yang kamu kehendaki, salah satunya :

  • Content yang dihidangkan 
  • Susunan dan navigasi 
  • Kenikmatan pemakai (User Experience/UX) 

Popularitas
Dalam seri tips SEO ini kita juga akan pelajari bagaimana kamu dapat jadi yang paling baik dari pada saingan kamu. Dengan memerhatikan rencana basic SEO diatas, kamu sesungguhnya tidaklah perlu pusing pikirkan SEO. Seringkali orang yang memiliki situs yang popular tanpa ada tahu SEO, ini karena mesin pencari saat ini telah pandai dalam mengasumsikan susunan halaman dan kwalitas situs. Diluar itu dengan ketahui tehnik SEO kamu tahu bagaimana buat situs yang berhasil.

bacalah juga cara buat situs yang SEO Friendly di http :// intiteknologi. co. id/cara-membuat-desain-website-yang-SEO-Friendly-%28Make-Your-Design-Website-With-SEO-Friendly%29

Ada beberapa komponen utama dalam SEO, komponen-komponen ini yang juga akan memastikan seberapa baik situs kamu dengan SEO. Komponen ini juga lah yang memastikan posisi rangking di hasil pencarian search engine. Singkatnya, berikut yang perlu kamu tekuni untuk kuasai SEO.

  • Mengoptimasi halaman website 
  • Penelitian keyword (Kata kunci (keyword) research) 
  • Menganalisa kompetisi 
  • Buat content yang teroptimasi 
  • Membuat popularitas, link, dan reputasi 
  • Melakukan audit pada perform SEO. 

B. Rencana On-Page SEO

On-page SEO yaitu beberapa aspek yang memastikan teroptimasi atau tidaknya situs kamu pada mesin pencari diliat dari dalam websitenya sendiri. Berarti, kamu juga akan melakukan optimalkan didalam situs kamu sendiri. Optimalkan on-page mempunyai tujuan agar mesin pencari ketahui apakah situs kamu memang relevan/sesuai sama apa yang di cari oleh user. Dan betul-betul yang memiliki kwalitas paling baik.

Dalam SEO, rencana optimalkan on-page yaitu hal utama yang perlu kamu mengerti. Inti dari on-page SEO simpel, kamu juga akan mengoptimasi situs agar :

  • Berguna tinggi untuk pengunjung 
  • Mempermudah pengunjung dalam melakukan eksplorasi 
  • Pengunjung merasa kerasan di dalamnya 
  • Mesin pencari tahu susunan situs anda 

Karena Google pastinya ingin menghadirkan situs yang memuaskan pemakai, maka situs kamu harus memuaskan pengunjung. Berikut langkahnya :

  • Komponen Halaman Situs yang Optimal 

Ada beberapa aspek yang memengaruhi kenikmatan pemakai situs, yakni :

a. Konten

Content yaitu komponen utama dalam halaman situs. Berarti, content memegang peran paling besar dalam optimalkan on-page. Google dan mesin pencari beda dengan aktif memperbaharui algoritma-nya. Makin ke depan, mereka juga akan makin mengerti kwalitas dari sebuah content. Maka, hati-hatilah dalam menerbitkan content untuk situs kamu.

b. Keyword

Cobalah ingat kembali paling akhir kali ketika kamu memakai Google, kamu menulis beberapa kata jadi keyword-nya. Lalu Google menghadirkan hasil yang terkait dengan kata kunci (keyword) barusan. Makin relevan dengan kata kunci (keyword), makin tinggi posisinya. Jadi, mengoptimasi halaman bermakna mengoptimasi kata kunci (keyword). Setiap halaman di situs kamu harus dioptimasi sekurang-kurangnya untuk 1 keyword.

Langkahnya dengan memasukkan kata kunci (keyword) dalam halaman situs kamu. Persisnya didalam content, di judul, dan di URL. Dengan hal tersebut, mesin pencari dan pengunjung juga akan segera mengerti apa isi dari halaman situs kamu.

c. Judul

Cara termudah untuk mengoptimasi judul yakni dengan memasukkan kata kunci (keyword) utama yang kamu incar, yang terutama dalam judul bukanlah optimalkan kata kunci (keyword), tapi optimalkan pada ketertarikan manusia. Jika judul yang kamu buat dapat menarik banyak pengunjung, maka posisinya juga akan naik.

d. URL

Walau pengaruhnya tidak besar, tapi URL yang memiliki kandungan kata kunci (keyword) dapat memengaruhi posisi situs kamu di hasil pencarian. Buat URL yang mendeskripsikan content, lebih baik sekali lagi bila memiliki kandungan kata kunci (keyword) utama.

e. Meta description

Meta description yaitu 1-2 kalimat yang keluar dalam hasil pencarian. Meta description sebenarnya tidak memengaruhi rangking halaman kamu. Diluar itu, juga tidak selamanya keluar di hasil pencarian. Karena Google saat ini seringkali memakai kalimat didalam content jadi gambaran halaman. Meski begitu, tak ada kelirunya bagian ini dioptimasi. Dengan meta description yang menarik, maka peluang orang yang lain untuk berkunjung ke situs kamu juga akan makin tinggi. Seperti logika barusan, makin banyak click dari manusia = makin baik posisinya.

f. Media gambar

Pikirkan sebuah halaman situs yang 100% berisi teks, tentu sangat menjemukan. Oleh karena itu, gambar dan/atau video adalah nilai lebih. Beberapa tips :

  • Pakai gambar yang berhubungan dan menerangkan konten 
  • Pakai type ekstensi yang tepat agar ukuran file tidak membengkak 
  • Pastikan resolusi gambar sesuai sama yang dipertunjukkan 
  • Kompres gambar agar optimal 
  • Berikan atribut alt ketika menempatkan gambar 

g. Outbound link

Point ini sangat penting terlebih untuk situs baru. Google, jadi pusat info pastinya ingin sediakan bebrapa content yang terpercaya. Agar infonya tidak menyesatkan beberapa orang. Di sini lah link rujukan dapat menolong. Link ke situs beda yang reputasinya bagus dan relevan juga akan buat reputasi content kamu jadi lebih baik.

h. Internal link

Gunakan internal link (link antar halaman), agar pengunjung dengan mudah bertandang ke halaman beda dalam situs kamu.

i. Social sharing

Saat ini Google tidak berasumsi jumlah berbagi jadi aspek penentu posisi di Google, tapi bukanlah bermakna social berbagi tidak penting. Malah sebaliknya. Social berbagi miliki efek tidak segera pada posisi situs.

Ini manfaat dari social berbagi :

  • Penambahan pengunjung 
  • Branding, situs kamu juga akan dikenal 
  • Aspek kenikmatan jadi bertambah tinggi (bila situs kamu dapat memuaskan pengunjung yang datang) 
  • Beberapa dari pengunjung juga akan memberi backlink 

Dibanding SEO, social media juga akan membuat brand situs kamu dengan lebih cepat.
Oleh karenanya, gunakan tombol berbagi di situs kamu. Lalu pakai elemen penyebab popularitas untuk buat content yang menarik untuk di-share.

j. Kecepatan website

Situs yang lebih cepat juga akan memperoleh posisi yang lebih baik. Penambahan kecepatan tidak cuma untuk mesin pencari. Pengunjung akan jadi tambah nyaman berada dalam situs yang waktu loadingnya singkat. Ada banyak hal yang memengaruhi kecepatan :

  • Kwalitas hosting yang digunakan 
  • Jumlah file. js dan. css di head 
  • Ukuran halaman yang terlalu besar hingga mengganggu pengunjung

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Ceyron Louis

A web designer from India. And then you write some more information about yourself like this to fill out the space that is left.

0 komentar:

Posting Komentar