Cara Memilih Sepatu Safety Sesuai Dengan Potensi Bahaya di Tempat Kerja

Related image

sepatu safety murah - Berdasar pada Data Bureau of Labor Statistics (BLS) mencatat, setiap harinya beberapa 40 pekerja alami cedera pada kaki dan jarinya. Rata-rata cedera itu karena oleh jatuhan benda tajam dan berat. Cedera kaki paling banyak berjalan di bagian konstruksi.

Mengapa angka cedera kaki masih tetap tinggi/harinya? Bukankah beberapa pekerja sudah memakai safety shoes? Sebelumnya membahas setelah itu, cobalah Kamu saksikan apakah safety shoes yang Kamu gunakan sudah sama seperti standar? Apakah safety shoes yang Kamu gunakan sudah sama seperti potensi bahaya di tempat kerja?

Jika kenyataannya safety shoes yang Kamu gunakan belum juga maksimal dalam menahan efek bahaya di tempat kerja, bisa saja Kamu salah pilih sepatu. Perlu Kamu tahu, pilih safety shoes tidak dapat ditangani sembarangan. Beberapa pekerja harus memakai safety shoes sama seperti standar, salah satunya standar EN ISO 20345 : 2011. Bisa saja beberapa dari Kamu bertanya-tanya, standar apakah itu?
EN ISO 20345 : 2011 atau sering disebut ISO 20345 : 2011 yaitu standar keselamatan dan keamanan yang perlu diberlakukan pada sepatu pengaman (safety shoes). Standar itu yaitu standar Eropa dan sudah jadi standar internasional yang saat ini harus dimiliki oleh semua safety shoes.

Didalam standar itu, ada standar baku tentang bagian mana dan tipe perlindungan apa yang perlu dimiliki oleh safety shoes. Standar EN ISO 20345 : 2011 menyebutkan bila safety shoes harus buat perlindungan pemakainya dari bahaya yang dapat mengakibatkan cedera, dengan toe cap yang bisa menahan efek bahaya saat ditest pada hentakan basic (basic impact) minimal 200 Joule (sama dengan 20 Kg). EN ISO 20345 : 2011 juga merekomendasikan beberapa point yang perlu diperhatikan dalam pilih safety shoes, satu diantaranya :

  • Optimis sepatu penuhi EN ISO 20345 
  • Bahan sepatu : kulit atau sintetis 
  • Penggunaan safety shoes di indoor atau outdoor 
  • Suhu ruang kerja : panas atau dingin 
  • Iklim di lingkungan kerja : cahaya matahari, salju, atau hujan 
  • Bahaya : minyak atau penggunaan bahan kimia 
  • Klasifikasi Safety Shoes Sama seperti Standar EN ISO 20345 : 2011 

Untuk mempermudah pemilihan safety shoes, standar ini mengklasifikannya dalam satu kode dua atau tiga huruf. Klasifikasi safety shoes ini sesuai sama potensi bahaya yang sering berjalan di tempat kerja.

Itu tips pilih safety shoes sama seperti potensi bahaya atau kemungkinan yang ada di tempat kerja. Optimis sepatu yang Kamu gunakan sama seperti bahaya untuk menghindar kecelakaan yang bisa menimpa kaki karena benda tajam atau berat, benda panas, cairan kimia, dll.

Di Indonesia, kecuali EN ISO 20345 : 2011, standar keamanan yang perlu dimiliki oleh masing-masing product safety shoes yakni SNI 0111 : 2009 dan SNI 7079 : 2009. Standar nasional mengharuskan safety shoes diperlengkapi pengeras depan dari baja jadi pelindung jari-jari kaki dari pukulan dan bentrokan dan bahaya beda yang berkaitan dengan lingkungan kerja.

Ada point utama yang perlu Kamu ingat waktu beli safety shoes, yakni optimis product yang Kamu beli sudah memiliki sertifikasi standar keselamatan dan keamanan internasional atau nasional. Safety shoes yang baik tidak sepatu yang berat dan tidak tidak tebal, namun safety shoes yang bisa buat perlindungan telapak kaki Kamu saat memakainya di tempat kerja berlebihan dan kekuatannya buat perlindungan kaki yang dapat dibuktikan karena itu ada sertifikat barusan.

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Ceyron Louis

A web designer from India. And then you write some more information about yourself like this to fill out the space that is left.

0 komentar:

Posting Komentar