7 Panduan Untuk Pendaki Pemula Taklukan Rinjani, Pucuk Paling tinggi di Lombok



Dengan ketinggian sampai 3.726 mdpl, gunung Rinjani jadi gunung berapi ke-2 paling tinggi di Indonesia, serta paling tinggi di Lombok. Tidak cuma buat pendaki Indonesia, pendaki di luar negeri juga jadikan Rinjani jadi tujuan favorite karena mempunyai panorama serta spot-spot yang mengagumkan. Nah, buat kamu yang masih pemula, ini 7 panduan untuk menaklukan Rinjani, pucuk paling tinggi di Lombok. jual sepatu safety bisa menjadi solusi untuk kamu.


1. Berapakah lama waktu yang diperlukan untuk mendaki Rinjani?
Umumnya, menaklukan Rinjani memerlukan waktu 3 sampai 4 hari. Jadi, buat persiapan lebih dulu dengan sebaik-baiknya stamina dan fisik kamu. Rajinlah olahraga, sekurang-kurangnya 2-3 minggu sebelum mendaki supaya badan tidak drop diperjalanan ke arah pucuk. Oh iya, janganlah lupa menjaga konsumsi nutrisi kamu juga.

2. Apa barang yang perlu dibawa?
Untuk perlengkapan pribadi, kamu harus menyiapkan: carrier, daypack, serta rucksack jadi media penyimpanan. Untuk alas kaki, sediakan sepatu atau sandal trekking, kaus kaki, serta gaiter. Untuk menepis udara dingin di Rinjani, kamu semestinya mempersiapkan, sarung tangan, jaket tebal (pilih yang windproof), sarung, jas hujan, serta kupluk (seperti penutup kepala). Untuk pakaian, semestinya pilih yang memiliki bahan flannel.

Selanjutnya, jadi alas tidur, kamu harus bawa matras serta sleeping bag. Untuk tenda serta perlengkapan masak, bicarakan dengan rekanan mendakimu untuk pembagian membawanya. Lalu, perlengkapan makan pribadi seperti sendok, piring, serta gelas harus kamu buat persiapan juga. Janganlah lupa, bawa senter serta headlamp jadi standard safety saat mendaki waktu malam.

Beberapa barang itu harus di-packing secara baik sesuai dengan manajemen pengaturan tas carrier yang pas supaya gampang dibawa. Jika belum komplet, lebih baiknya kamu melengkapi sebelum pergi. Banyak situs, seperti Bukalapak yang sediakan perlengkapan outdoor yang komplet serta berkualitas.

3. Apa harus memakai porter?
Buat pemula, dianjurkan untuk memakai layanan porter atau guide. Rinjani mempunyai rute yang terhitung ‘advanced’ serta cukup membuat kita Capek. Lebih, jika melakukan summit attack, porter akan jaga barang kamu di basecamp paling akhir membangun tenda.

4. Bagaimana bila tidak memperoleh porter?
Upayakan jangan mendaki sendirian serta kerjakan bersama dengan yang telah memiliki pengalaman. Jika tanpa ada porter, berarti kerja sama team harus kompak waktu mendaki. Sebaiknya , jika kita berpapasan dengan rombongan lain, kita dapat juga ikuti mereka supaya tidak tersesat.

Waktu summit attack, kita dapat juga bicara dengan regu yang lain untuk lakukan negoisasi supaya porter mereka ingin jaga barang bawaan kita. Tetapi kita harus berhati hati jangan pernah keliru dalam pilih porter, awalnya dapat ditanyakan jati diri serta photo porter itu.

5. Jalan mana yang lebih baik, Sembalun atau Senaru?
Jalan Sembalun ialah yang paling populer. Kita akan lewat padang savana Sembalun yang kelihatan indah, dan punggung gunung yang berkelok dengan jurang di kanan kiri, tetapi akan berasa panas sekali waktu sinar matahari menyinari. Tetapi ini best spot untuk ber-selfie ria tidak hanya di Segara Anak.

Sesaat jalan Senaru makin banyak lewat rimba serta jalannya cukup landai. Jalan Senaru sering dipakai warga seputar untuk lakukan ritual tradisi keagamaan di pucuk Rinjani atau di Danau Segara Anak.

6. Dimana harus membangun tenda untuk menginap?
Dengan alasan udara Rinjani yang benar-benar dingin, hingga butuh diingat, jangan lakukan perjalanan saat malam. Tempat paling baik untuk membangun tenda ialah di Plawangan Sembalun. Silakan cari tempat membangun tenda yang dekat sama mata air.

Istirahatlah terlebih dulu supaya badan tidak lelah, sesudah stamina kembali fit silakan lakukan treking ke pucuk. Bawa air kira-kira 1 liter supaya tidak dehidrasi serta bawa makanan tambah energi. Gunakan jaket windproof yang tahan pada angin kencang sebab anginnya dapat benar-benar dingin

7. Apa dapat memakai handphone?
Komunikasi itu penting, untuk mengontak keluarga atau kerabat. Untungnya, di Segara Anak kita dapat memakai handphone untuk berkomunikasi, baik itu sms atau telephone. Tetapi, cuma untuk operator XL. Jadi, yakinkan baterei serta pulsanya terisi.

Yakinkan semua disiapkan secara baik serta selamat menaklukan pucuk paling tinggi di Lombok.

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Ceyron Louis

A web designer from India. And then you write some more information about yourself like this to fill out the space that is left.

0 komentar:

Posting Komentar