KESELAMATAN PADA TABUNG GAS BERTEKANAN

Image result for Petunjuk Kesehatan dan Keselamatan Kerja Umum

sepatu safety murah - Sekarang ini tabung gas bertekanan banyak dipakai untuk pengelasan (oksigen serta asetilen), keperluan di oksigen dirumah sakit, SCBA, bahan bakar pada rumah tangga (elpiji) maupun di Industri (CNG). Sangatlah utama sekali untuk tahu pemakaian yang aman pada tabung gas bertekanan untuk menghindari dari kecelakaan maupun kebakaran lantaran salah dalam penangannya.

Tabung gas bertekanan dapat beresiko jika penangannya tidak cocok, perlakuan yang pas memerlukan ketrampilan spesial.

Sebagian type tabung gas bertekanan diantaranya :
– Gampang terbakar
– Tdk gampang terbakar
– Oksidator
– Gas beracun

Supaya kita bekerja dengan aman yakinkan ada label yang pasti dari lembaga yang berwenang (Asosiasi industri gas, perindustrian, perhubungan maupun tenaga kerja).
Saat sebelum kita bekerja dengan tabung gas bertekanan dalam type apa pun yakinkan kita sudah tahu potensi bahayanya dan prosedur keselamatan waktu memakainya.
Jangan sampai ber-asumsi type gas dalam tabung bila tak ada labelnya. Jangan sampai yakin pada warna tabung, bila perlu kembalikan pada penyuplai apabila tak ada labelnya.

LABELING
Warna pada label tunjukkan karakter bahayanya
Merah : Gampang terbakar/Flammable
Hijau : Tak gampang terbakar/non Flammable
Kuning : Oksidator
Putih : Beracun
Untuk keselamatan, saat sebelum memakai tabung bertekanan baca MSDS-nya terlebih dulu.

GAS MUDAH TERBAKAR
Yang termasuk juga gas gampang terbakar yaitu propane, buthane, ethylene oksida, hydrogen, acetilen, dan lain-lain.
Pada intinya gas-gas itu bakal menyala apabila berjumpa dengan sumber api (rokok, alat pengelasan, percikan penggerindaan) serta hawa.
Lantaran berat type gas gampang terbakar lebih mudah dari hawa gas-gas itu dapat terakumulasi dibagian atas hingga sangatlah beresiko pada pekerjaan confined spaces. Persenyawaan hawa, hidrogen serta sumber api akhirnya yaitu ledakan. Hal yang sama persenyawaan oksigen serta asetilen bisa mengakibatkan ledakan pada ruangan tertutup. Gas asetilen mesti memiliki safety valve yang bakal menolong untuk melepas gas waktu desakan tabung itu naik saat terbakar.

GAS TIDAK MUDAH TERBAKAR
Yang termasuk juga gas yg tidak gampang terbakar yaitu nitrogen, helium.
Oksigen untuk pernapasan tak bisa ditukar dengan oksigen murni lantaran bisa mengakibatkan ledakan.
Bersihkan tubuh/menyingkirkan debu dengan hawa bertekanan dapat juga mengakibatkan ledakan/api.
CO2 dengan konsentrasi 10% mengakibatkan sesorang pingsan atau wafat tak perduli berapapun konsentrasi hawa di ruang itu.
CO2 cair yang dilepaskan ke atmosfir dapat mengakibatkan kebekuan mata maupun kulit. CO2 mesti disimpan pada tempat yang cukup ventilasi udaranya.
Nitrogen oksida memiliki bau serta rasa yang manis dipakai jadi gas pembiusan dapat menyebabkan kematian apabila diletakkan pada tempat yang memiliki kandungan gas murni seperti oksigen di hawa.
Buang gas adalah kegiatan beresiko, mesti dikerjakan pada ruangan terbuka serta jauh dari manusia dan beberapa bahan yang gampang terbakar

OKSIDATOR
Satu diantara gas yang termasuk jadi oksidator yaitu oksigen. Karakter oksigen dapat di ketahui warna label kuning pada tabung. Bahan yg tidak gampang terbakar diudara dapat terbakar dengan adanya banyak atau menambahnya kandungan oksigen di hawa/atmosfir.
Oksigen yang ditambahkan pada bahan berminyak dapat mengakibatkan munculnya api, hindari bahan yang memiliki kandungan oli seperti sarung tangan yang kotor oleh oli, pemberian oli pada regulator oksigen.
Jangan sampai mengubahkan regulator oksigen pada tabung gas yang gampang terbakar saat sebelum dibikin bersih oleh personil yang mumpuni.

GAS BERACUN
Yang termasuk juga gas beracun yaitu seperti amonia, sulfur dioksida, chlorin, dan lain-lain. Bila gas-gas itu terhirup oleah manusia jadi gas beracun itu bakal masuk ke semua badan tegantung pada kandungan toksin yang masuk.
Gas-gas beracun dapat menyebabkan kematian bila diakukan dengan tak pas.
Baca dengan cermat MSDS saat sebelum memakai gas beracun lantaran pada MSDS diterangkan potensi bahaya, batas paparan, langkah menaruh, langkah perlakuan jika berlangsung kebocoran, pertolongan pertama, dan lain-lain.

PENANGANAN TABUNG BERTEKANAN
Mempunyai beragam jenis tabung bertekanan kita mesti tahu prosedur keselamatan setiap tabung itu.
Jangan sampai meletakkan tabung pada hawa panas yang bisa tingkatkan desakan dalam tabung.
Sediakan troli spesial yang dipakai waktu mengangkat tabung. Bila tabung terlampau berat diangkat mohonlah pertolongan rekanan untuk mengangkatnya, janganlah menyeret atau menariknya diatas tanah/lantai.
Tabung disimpan dengan aman supaya tak terjatuh/terbentur dinding. Tabung gampang terbakar mesti disimpan sejauh 6 mtr. dari oksidator.
Taruh tabung kosong dengan tabung yang diisi.
Jangan sampai menaruh/menempatkan tabung di ruang terbuka yang terserang cahaya matahari dengan cara segera atau sumber panas yang lain.
Lantaran tabung terbuat dari logam, jangan sampai menaruh dekat sumber listrik/panel listrik.

REGULATOR
Regulator adalah vitur keselamatan yang sangatlah utama yang didesain untuk tutup gas, alat itu mesti kencang, bersih serta tak retak.
Jangan sampai memaksa buka sambungan, kita mesti ikuti prosedur keselamatan.
Terkecuali untuk dipakai regulator mesti ditutup dengan baik.
Waktu tabung dipakai buka regulatornya serta jauhkan dari pekerja disekitas waktu membukanya.
Waktu mengubahkan tabung regulator mesti dilepaskan dari tabung, memegang regulator waktu mengangkat/mengubahkan tabung sangatlah beresiko lantaran jika regulator/main valve patah tabung bisa melesat ke hawa dengan desakan tinggi, untuk tersebut penyebabnya saat tak dipakai penutup tabung mesti senantiasa terpasang.

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Ceyron Louis

A web designer from India. And then you write some more information about yourself like this to fill out the space that is left.

0 komentar:

Posting Komentar