Peralatan Keselamatan Kesehatan Kerja (K3)



Peralatan keselamatan kesehatan kerja (K3) ialah satu bagian yang berkaitan dengan kesehatan, keselamatan, serta kesejahteraan manusia yang kerja dalam suatu lembaga atau tempat project atau usaha menahan peluang berlangsungnya kecelakaan serta penyakit karena kerja. Sepatu safety bisa menjadi solusi untuk kamu.

Peralatan Keselamatan Kesehatan Kerja (K3)

Arah

- Untuk pelihara kesehatan serta keselamatan lingkungan kerja.
- Untuk membuat tempat kerja yang aman, sehat serta bebas dari pencemaran lingkungan, hingga bisa kurangi serta atau bebas dari kecelakaan serta PAK yang selanjutnya bisa tingkatkan skema serta produktifitas kerja.

Fungsi Serta Peranan

- Tiap Tenaga Kerja memiliki hak mendapatkan perlindungan atas keselamatannya dalam lakukan pekerjaan untuk kelsejahteraan hidup serta tingkatkan produksi dan produktifitas nasional.
- Tiap orang yang berlainan di tempat kerja butuh terjamin keselamatannya
- Tiap sumber produksi butuh digunakan serta dipakai dengan aman serta efektif.
- Untuk kurangi ongkos perusahaan bila berlangsung kecelakaan kerja serta penyakit karena jalinan kerja sebab awalnya telah ada aksi mengantisipasi dari perusahaan.

Tiga Etika

- Ketentuan terkait dengan keselamatan serta kesehtan kerja.
- Di aplikasikan membuat perlindungan tenaga kerja.
- Risiko kecelakaan serta penyakit karena kerja.

Undang-Undang

- UU No.1 tahun 1970
- UU No.21 tahun 2003
- UU No.13 tahun 2003
- Ketentuan Menteri Tenaga Kerja RI No. PER-5/MEN/1996

Type Bahaya

1. Contoh Type Kimia :

Abu tersisa pembakaran bahan kimia
Uap bahan kimia
Gas bahan kimia

2. Contoh Type Fisika :

Satu temperatur udara yang begitu panas atau begitu dingin.
Kondisi yang benar-benar berisik.
Kondisi udara yang tidak normal.
Kerusakan pendengaran.
Satu suhu badan yang tidak normal
Type Project/ Pekerjaan
Pencahayaan atau penerangan yang kurang.
Bahaya dari pengangkutan barang.
Bahaya yang diakibatkan oleh perlengkapan.

3. Contoh Type Project/Pekerjaan :

Kerusakan pandangan
Perpindahan barang yang tidak berhati-hati hingga melukai pekerja.
Perlengkapan kurang komplet serta penyelamatan sehngga melukai pekerja.

Peralatan APD

Aplikasi K3 dalam pekerjaan project dikerjakan dengan sediakan peralatan APD (Alat Pelidung Diri) yang berstandart disetiap kegiatan project sesuai dengan keperluan.

Peralatan Keselamatan Kesehatan Kerja (K3)

Pelindung Kepala (Safety Helmet)

Helmet atau Topi Pelindung dipakai membuat perlindungan Kepala dari paparan bahaya seperti keruntuhan benda atau paparan bahaya saluran listrik.

Penggunaan Topi Pelindung (Safety Helmet) harus sesuai lingkar kepala hingga nyaman serta efisien membuat perlindungan penggunanya.

Di Produksi Elektronika, Topi pelindung umumnya dipakai oleh Teknisi Mesin serta Petugas Gudang.

Ada 3 Type Helmet berdasar perlindungannya pada, yakni.

1. Helmet Type General (G) yang bisa membuat perlindungan kepala dari terbentur serta keruntuhan benda dan kurangi paparan bahaya saluran listrik yang bertegangan rendah sampai 2.200 Volt.

2. Helmet Type Electrical (E) yang bisa membuat perlindungan kepala dari terbentur serta keruntuhan benda dan kurangi paparan bahaya saluran listrik yang bertegangan tinggi sampai 22.000 Volt.

3. Helmet Type Conductive (C) yang cuma bisa membuat perlindungan kepala dari terbentur serta keruntuhan benda tapi tidak membuat perlindungan kepala dari paparan bahaya saluran listrik.

Pelindung Muka serta Mata (Safety Glass)

Kacamata Pelindung ialah alat yang dipakai membuat perlindungan mata dari bahaya loncatan benda tajam, debu, partikel-partikel kecil, kurangi cahaya yang menyilaukan dan percikan bahan kimia. Kacamata Pelindung terbagi dalam 2 Type yakni :

1. Safety Spectacles, berupa Kacamata biasa serta cuma bisa membuat perlindungan mata dari bahaya loncatan benda tajam, debu, partikel-partikel kecil serta kurangi cahaya yang menyilaukan. Umumnya digunakan pada Proses menyolder serta Proses pemotongan Kaki Elemen.

2. Safety Goggles, Kacamata yang memiliki bentuk melekat pas dari muka. Dengan Safety Goggles, mata bisa terlindung dari bahaya percikan bahan kimia, asap, uap, debu serta loncatan benda tajam. Umumnya digunakan oleh Teknisi Mesin Produksi.

Pelindung Pendengaran (Safety Ears)

Ada 2 (dua) type Pelindung pendengaran :

1. Ear Plug

Penyumbat Telinga atau Ear Plug dipakai membuat perlindungan alat pendengaran yakni telinga dari Intensif Suara yang tinggi.

Dengan memakai Ear Plug, Intensif Suara bisa dikurangi sampai 10 ~ 15 dB. Ear Plug umumnya dipakai oleh Pekerja yang kerja di wilayah produksi yang mempunyai suara mesin tinggi seperti SMT (Surface Mount Technology) atau Mesin Produksi yang lain.

2. Ear Muff

Penutup Telinga atau Ear Muff ialah alat yang dipakai membuat perlindungan alat pendengaran dari Intensif Suara yang tinggi. Ear Muff bisa kurangi intensif suara sampai 20 ~ 30dB.

Ear Muff terbagi dalam Head Band serta Ear Cup yang dibuat dari bantalan busa hingga bisa membuat perlindungan sisi luar telinga (daun telinga). Ear Muff seringkali dipakai oleh Teknisi Mesin serta Generator (Genset).

Pelindung Pernapasan (Masker Serta Respirator)

Ada dua type alat pelindung pernapasan :

1. Masker

Masker ialah alat yang dipakai membuat perlindungan beberapa alat pernapasan seperti Hidung serta Mulut dari risiko bahaya seperti asap solder, debu serta berbau bahan kimia yang mudah.

Masker umumnya dibuat dari Kain atau Kertas. Masker biasanya digunakan diolah menyolder.

2. Respirator

Respirator ialah alat yang dipakai membuat perlindungan beberapa alat pernapasan seperti Hidung serta Mulut dari risiko bahaya seperti asap solder, berbau bahan kimia, debu, Uap, Gas dan Partikel Mist serta Partikel Fume.

Respirator seringkali digunakan oleh Teknisi Mesin Solder, Operator Pengecatan (Painting) serta Proses bahan Kimia yang lain.

Pelindung Tangan (Hand Glove)

Sarung Tangan ialah peralatan yang digunkan membuat perlindungan tangan dari kontak bahan kimia, tergesek atau lukanya tangan karena sentuhan dengan benda runcing serta tajam.

Sarung Tangan umumnya digunakan pada proses persiapan bahan kimia, pemasangan elemen yang cukup tajam, proses pemanasan dan lain-lain. Beberapa jenis sarung tangan salah satunya ialah seperti berikut :

1. Sarung Tangan Katun (Cotton Gloves), dipakai membuat perlindungan tangan dari tergesek, tersayat serta cedera mudah.

2. Sarung Tangan Kulit (Leather Gloves), digunakna membuat perlindungan tangan dari tergesek, tersayat serta cedera mudah.

3. Sarung Tangan Karet (Rubber Gloves), dipakai membuat perlindungan tangan dari kontak dengan bahan kimia seperti Oli, Minyak, Perekat serta Grease.

4. Sarung Tangan Electrical, dipakai membuat perlindungan tangan dari kontak dengan arus listrik yang bertegangan rendah sampai tegangan tinggi.

Pelindung Kaki (Safety Shoes)

Sepatu Pelindung atau Safety Shoes ialah peralatan yang dipakai membuat perlindungan kaki dari keruntuhan benda, beberapa benda tajam seperti kaca atau potongan baja, larutan kimia serta saluran listrik.

Sepatu Pelindung terbagi dalam baja diujungnya dengan dibalut oleh karet yang tidak bisa menghantarkan listrik. Sepatu Pelindung harus dipakai oleh teknisi mesin serta petugas gudang.

Celemek Serta Wearpack (Apron)

Apron atau seringkali disebutkan dengan Celemek ialah alat pelindung badan dari percikan bahan kimia serta suhu panas.

Apron atau Celemek seringkali dipakai dalam proses persiapan beberapa bahan kimia dalam produksi seperti Grease, Oli, Minyak serta Adhesive (perekat.

Sedang Wearpack adalah alat pelindung diri yang dipakai jadi pelindung waktu ada dibawah mobil, atau didaerah yang lain yang kotor.

Hingga pakaian yang digunakan bisa terproteksi dari oli yang bertebaran. Tidak hanya digunakan untuk perlindungan diri, wearpack digunakan untuk menunjukkkan jati diri perusahaan tempat satu orang kerja.

Rompi Nyala (Flame Vest)

Rompi nyala biasa dipakai pada tiap kegiatan project baik siang maupu malam hari diperlengkapi dengan warna engineer greed yang bisa memantulkan sinar waktu terserang cahaya lampu.

Rompi ini pas dipakai saat malam hari di sekitar ruang jalan raya project.

Jas Hujan (Mantel)

Jas hujan ialah pelindung diri yang dipakai saat hujan untuk menahan pekerja yang harus terpaksa kerja atau mengatur pekerjaan project tidak terserang flu, demem atau masalah kesehatan yang lain.

Pelampung (Buoy)

Pelampung ialah peralatan pengaman diri yang dipakai spesial pada proyek-proyek seperti jembatan panjang, pelabuhan, dermaga, bendungan dan sebagainya.

Sabuk Pengaman (Seat Balt)

Sabuk pengaman dipakai jadi pengaman buat sopir atau penumpang pada kendaraan-kendaran project pengangkut material atau perlengkapan untuk menahan berlangsungnya bentrokan pada manusia blia berlangsung kecelakaan.

Pelindung Ketinggian (Bodi Harness)

Bodi harness adalah peralatan yang bermanfaat untuk lakukan pekerjaan pada ketinggian supaya menghindarkan peluang terjatuh. Faedah/Peranan Bodi harness dipakai di semua badan yang mempunyai tempat untuk pengaman/tambatan yang terdapat di dada serta ada pula bodi harness yang mempunyai tempat.

APAR

Tidak hanya alat pelindung diri, ada pula perlindungan keselamatan dari bahaya kebakaran dilokasi project yang termasuk type pemadam api mudah sebagai berikut :

Peralatan Keselamatan Kesehatan Kerja (K3)

Alat Pemadam Api Mudah (APAR) – Alat Pemadam Api Mudah (Fire Extinguisher) yang umumnya dipersingkat dengan APAR ialah alat yang dipakai untuk mematikan api atau mengatur kebakaran kecil.

Alat Pemadam Api Mudah (APAR) biasanya berupa tabung yang diisikan dengan bahan pemadam api yang bertekanan tinggi.

Dalam soal Kesehatan serta Keselamatan Kerja (K3), APAR adalah perlengkapan yang wajib diperlengkapi oleh tiap Perusahaan dalam menahan berlangsungnya kebakaran yang bisa meneror keselamatan pekerja serta asset perusahaannya.

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Ceyron Louis

A web designer from India. And then you write some more information about yourself like this to fill out the space that is left.

0 komentar:

Posting Komentar