10 Cara Membangun Brand Anda Seperti Brand Besar

Related image

jasa pembuatan website di jakarta pusat - Ketika Kamu juga akan jual sebuah barang, sudah pasti Kamu memerlukan sebuah brand atau merk. Maka dari itu, tidak salah bila disebut bila merk adalah penunjang paling penting dalam kesuksesan suatu penjualan. Banyak merk besar berhasil karena berhasil membuat keyakinan di hati konsumennya. Rahasianya yaitu, mereka bukan sekedar melakukan branding tanpa ada isi, tapi branding dengan ciri-khas. Ada nilai lebih yang merk – merk itu beri pada pelanggan, hingga dapat merajut rekanan dengan pelanggan. Tersebut disini 10 rahasia bagaimana merk dapat menjangkau step ini. Mudah-mudahan berguna untuk pengembangan brand Kamu :

1. Sentuhan personal

Salah satu yang dikehendaki pelanggan yaitu service yang paling baik. Demikianlah yang didapatkan dari salah satu merk paling besar didunia yakni Amazon. Amazon di kenal dapat memberi kustomisasi pada keperluan pelanggan. Setiap pelanggan yang tercatat di Amazon juga akan diperlakukan sesuai sama keperluan dan ciri-khasnya. Langkah memberi referensi product tertentu pada pelanggan dengan keperluan tertentu dilakukan Amazon. Hal semacam ini yang dapat mendorong terjadinya rekanan pada pelanggan dan merk.

2. Jual kebahagiaan

Coca – cola salah satu merk yang dapat jual berjuta produknya dalam hanya beberapa jam. Coca – cola jadi merk yang di kenal jago dalam “menjual” kebahagiaan dalam kehidupan. Beberapa iklannya menghadirkan sportivitas, keriangan, kesegaran dsb. Sebut saja topik “Ice-Cold Sunshine, the Pause That Refreshes, Life Tastes Good, ” dsb. “Segala hal yang mereka kerjakan senantiasa didasari dengan inspirasi bagaimana melakukan promosi dengan membuat dan membuat kebahagiaan.

3. Penuhi janji pada customer

Salah satu kunci keberhasilan penjualan sebuah product tidak cuma merk, tapi juga pemenuhan janji pada customer. Kunci keberhasilan FedEx yaitu keyakinan. Keyakinan disini tidak beda ketika perusahaan logistik ini dapat penuhi janji-janjinya pada customer. Pengiriman dengan ketepatan waktu, keamanan barang, dan layanan antar yang memuaskan jadi janji-janji yang harus dipenuhi perusahaan itu. Keyakinan jadi penting mengingat pelanggan bukanlah sebatas angka, tapi manusia yang dapat menagih janji.

4. Jagalah agar tetaplah menawan dan fun

Siapa yg tidak kenal dengan Apple. Dibalik logonya yang sederhana namun masih tetap menawan, Apple di kenal dengan layanan yang cool dan empatik. Apple merekrut beberapa orang yang memiliki empati tinggi yang dapat bekerja bersama dan membuat transparansi dimuka pelanggannya. Apple senantiasa mengusung ritel dengan rencana untuk “menunjukkan” (show), dan bukanlah sebatas “mengatakan” (tell). Tersebut filosofi ritel dari merk garapan mendiang Steve Jobs itu.

5. Berikan sentuhan customer experience

Tidak cuma service yang baik tetapi pengalaman customer sangat diperlukan untuk tingkatkan keyakinan customer pada product kita. Misalnya yaitu sebuah merk ritel potongan harga terkenal dunia, yakni Tujuan. Pengalaman yang mereka “jual” relatif tidak mudah terlupakan. Tujuan di kenal jadi ritel yang jago dalam berikan sentuhan pengalaman dari setiap product, layanan, ataupun gerainya. Tujuan buat usaha riil untuk memberi pengalaman mengasyikkan untuk beberapa pembelanja. Sesaat, ia juga memberi kwalitas dan harga product yang memikat.

6. Berkelanjutan

Di dalam dunia yang serba beralih cepat terlebih dalam dunia bisnis, produsen mobil kelas dunia Ford selalu memercayakan sistem branding yang berkelanjutan. Beberapa orang kagum pada Ford karena konsistensinya, baik dalam kiat merk, kiat product, ataupun eksekusi pemasarannya. Ford juga selalu dengarkan dan melakukan apa sebagai keperluan dari pelanggannya. Hal semacam ini yang buat sebuah merk product harus senantiasa berkelanjutan, hingga dapat senantiasa diakui oleh pelanggannya.

7. Pesan aspirasional

Di website webnya, Nike mendeklarasikan misinya untuk membawa ide dan inovasi pada setiap atlet di semua dunia : “Bila Kamu memiliki badan, Kamu yaitu seseorang atlet”. Salah satu kemampuan Nike yaitu pesan aspirasionalnya. Pesan motivasional ini cukup beresiko pada emosional pemakainya. Pesan pemberdayaannya sangat kuat, termasuk pesan Juicet Do It yang fenomenal.

8. Membuat koneksi

Koneksi di sini tidak cuma pada produsen dan customer. Tapi saat ini customer juga memerlukan sebuah koneksi untuk tersambung dengan sesama customer yang lain. Keperluan juga akan hubungan berikut yang di tangkap oleh produsen kopi Starbucks. Misalnya dengan memberi internet gratis di setiap gerainya. Starbucks juga membuat gerai yang semakin besar untuk penuhi keperluan juga akan ruang pertemuan, diskusi, ataupun berjejaring diantara beberapa pelanggannya.

9. Melayani dengan unik

Sempat berpikir untuk memberi sebuah layanan yang unik pada pelanggan? Bila sempat maka Kamu sama juga dengan Southwest Airlines, misalnya memiliki layanan selama penerbangan yang unik untuk membuat pengalaman customer. Southwest jadi merk dalam industri penerbangan yang berdiri sendiri yang mendobrak beberapa etika dalam industri itu. Begitu sebuah kesan positif juga akan saat itu juga terwujud didalam pelanggan Kamu dan itu sudah pasti juga akan buat mereka makin yakin pada product Kamu.

10. Konsentrasi pada customer

Dengan beragam rahasia diatas, satu hal yg tidak kalah penting yakni tetaplah konsentrasi pada customer. Karena apa yang kita buat dan beri itu tertuju untuk customer. Nordstrom jadi salah satu merk ritel yang cukup getol dalam melakukan hal itu. Dalam sebuah survey, Nordstrom menempati tempat tertinggi jadi perusahaan yang perduli pada konsumennya. Dengan 230 gerai, Nordstrom aktif melakukan layanan memikat.

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Ceyron Louis

A web designer from India. And then you write some more information about yourself like this to fill out the space that is left.

0 komentar:

Posting Komentar