Apa itu Landing Page dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Related image

jasa pembuatan website murah - Ada banyak elemen yang terdapat dalam sebuah situs seperti home page, menu, kontak form, IP address, hosting dan sudah pasti landing page.

Bicara tentang landing page, elemen ini adalah salah satu elemen utama yang menolong Kamu untuk memperoleh konversi yang dikehendaki. Makin bagus dan efisien landing page yang di buat, maka makin besar juga peluang Kamu untuk memperoleh konversi.

Tetapi, tahukah Kamu seperti apa yang disebut dengan landing page pada situs?

Apakah itu Landing Page?
Landing page yaitu setiap halaman yang di buka oleh user dengan mengklik suatu hal terlebih dulu. Bukan sekedar pada situs, namun sebutan “landing page” juga berlaku pada basis beda seperti sosial media, e-mail, iklan berbayar dsb.

Bila biasanya halaman situs diisi banyak link dan menu, landing page didesain untuk mengarahkan pengunjung agar melakukan suatu hal dengan khusus.

Meskipun berada pada satu situs yang sama, landing page sesungguhnya di buat dengan terpisah. Hal semacam ini mempunyai tujuan untuk “menjauh” dari link atau menu beda yang dapat mengalihkan perhatian user dari maksud utama landing page itu.

Dari sini dapat diambil kesimpulan kalau landing page yang baik yaitu landing page yang bertujuan pada “action” yang juga akan dilakukan user dan perolehan konversi.

Type Landing page
Berdasar pada maksudnya, ada dua type landing page yang dapat dibedakan :

1. Click Through
Type ini memiliki lebih banyak info dan detil tentang sebuah product atau suatu penawaran pada user dan pelanggan.

Misalnya ProgressTech tawarkan jasa digital marketing pada user, landing page yang di buat tidak harus senantiasa memohon user untuk isi formulir transaksi tertentu. Tetapi landing page yang di buat dapat berisikan info keterangan mengenai digital marketing itu.

Halaman landing page diperlengkapi dengan tombol call-to-action (CTA) yang tersambung segera dengan halaman registrasi atau transaksi setelah itu. Dengan memberi info yang detil tentang sebuah penawaran, user relatif makin percaya untuk meng-klik CTA penawaran itu.

2. Lead Generation
Sama dengan sebelumnya, type halaman ini memiliki tombol CTA. Bedanya, user dapat segera melakukan konversi di halaman ini tanpa ada beralih ke halaman yang lain. Type landing page ini didesain untuk menyatukan lead dengan segera.

Type halaman ini pas untuk penawaran yg tidak berisiko. Berarti, user akan tidak enggan bertindak tertentu sesuai konversi yang Kamu kehendaki. Misalnya mengambil suatu hal, memperoleh kupon atau mendaftar untuk news letter berhadiah. Berlainan dengan click through, lead generation landing page lebih singkat, terang dan menarik.

Kenapa Harus Memakai Landing Page?
Ada beberapa manfaat yang dapat Kamu dapat dari buat halaman ini. Meskipun serupa dengan halaman situs umum, tetapi landing page lebih efisien untuk tingkatkan engagement user dan konversi.

Rancang landing page untuk setiap kampanye yang Kamu buat, baik untuk kepentingan SEM (Search Engine Marketing), e-mail maupun kampanye sosial media untuk bisnis. Nyaris semua konversi yang terjadi juga akan memberi penambahan pendapatan untuk bisnis Kamu.

Untuk Apa Saja Pemakaian Landing Page?
Halaman ini dapat dipakai untuk mendorong banyak type kampanye, menempatkan iklan, e-mail marketing, kampanye sosial media dsb. Paling tidak landing page dapat menolong user ikuti CTA untuk :

  • Downlaod eBook 
  • Registrasi 
  • RSVP untuk moment tertentu 
  • Pelajari product/jasa batu 
  • Registrasi untuk memperoleh trial atau demo 
  • Klaim penawaran promosi dan banyak lagi 

Pastikan setiap kampanye promosi yang Kamu buat berada di landing page yang berlainan agar lebih efisien. Karena itu, Kamu harus juga buat content berlainan untuk semasing kampanye promosi.

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Ceyron Louis

A web designer from India. And then you write some more information about yourself like this to fill out the space that is left.

0 komentar:

Posting Komentar