KEGUNAAN ALAT PELINDUNG DIRI (APD)



1. Sarung tangan
Membuat perlindungan tangan berbahan infeksius serta mellindungi pasien dari mikroorganisme pada tangan petugas. Alat ini adalah pembatas fisik penting untuk menahan penebaran infeksi serta selalu harus ditukar untuk mecegah infeksi silang.
Menurut Tiedjen ada tiga type sarung tangan yakni:
a. Sarung tangan bedah, dipaka pada saat bertindak infasif atau pembedahan.
b. Sarung tangan kontrol, digunakan membuat perlindungan petugas kesehatan pada saat malakukan kontrol atau pekerjaan teratur.
c. Sarung tangan rumah tangga, digunakan pada saat memprose perlengkapan, mengatasi beberapa bahan terkontaminasi, serta pada saat bersihkan permukaan yang terkontaminasi. sepatu safety bisa menjadi solusi untuk kamu.
2. Masker
Masker harus lumayan besar untuk tutup hidung, muka sisi bawah, rahang serta semua rambut muka. Masker digunakan untuk meredam cipratan yang keluar pada saat petugas kesehatan atau petugas bedah bicara, batuk, atau bersin dan untuk menahan cipratan darah atau cairan badan yang terkontaminasi masik dalam hidung atau mulut petugas kesehatan. Masker bila tidak dibuat berbahan tahan cairan, bagaimanapun tidak efisien dalam menahan secara baik.
3. Respirator
Masker type spesial, disebutkan respirator partikel, yang disarankan dalam kondisi memfilter udara yang tertarik nafas dipandang penting (misalnya, dalam perawatan orang dengan tuberculosis paru).
4. Pelindung mata
Membuat perlindungan perawat jika berlangsung cipratan darah atau cairan badan lainnya yang terkontaminasi dengan membuat perlindungan mata. Pelindung mata terhitung pelindung plastik yan jernih. Kacamata pengaman, pelindung muka. Kacamata yang dibikin dengan resep dokter atau kacamata dengan lensa normal dapat digunakan.
5. Tutup kepala/kap
Digunakan untuk tutup rambut serta kepala supaya guguran kulit serta
rambut tidak masuk dalam cedera pada saat pembedahan. Kap harus bisa tutup semua rambut.
6. Gaun
Gaun penutup, digunakan untuk tutupi pakaian rumah. Gaun ini digunakan membuat perlindungan baju petugas service kesehatan.Gaun bedah, petama kali dipakai membuat perlindungan pasien dari mikroorganisme yang ada di abdomen serta lengan dari staf perawatan kesehatan pada saat pembedahan.
7. Apron/Clemek
Dibuat berbahan karet atau plastik jadi satu pembatas tahan air dibagian depan dari petugas kesehatan.
8. Alas kaki
Digunakan membuat perlindungan kaki dari perlukaan oleh benda tajam atau berat atau dari cairan yang kebetulan jatuh atau menetes pada kaki.

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Ceyron Louis

A web designer from India. And then you write some more information about yourself like this to fill out the space that is left.

0 komentar:

Posting Komentar